Tuesday, July 22, 2008

Siklus Kebutuhan Baju Muslim Menjelang Puasa


Geliat produksi baju muslim dan asesorisnya sudah mulai menggeliat. Ini merupakan siklus tahunan dari industri garmen, khususnya produk muslim.

Sebagaimana bisnis lainnya, adakalanya permintaan dibawah normal, normal dan diatas normal. Semuanya adalah hal yang sangat wajar. Dalam bisnis baju muslim, permintaan meninggi dimulai 2 bulan menjelang Ramadhan. Masa-masa ini biasanya konveksi, butik & rumah produksi menaikkan tingkat produksinya dengan sangat signifikan.

Bagi agen lain lagi, 2 bulan menjelang Ramadhan aktifitasnya adalah melakukan stock barang secara maksimal. Ini dilakukan sebagai persiapan naiknya demand saat menjelang puasa dan umumnya terjadi lonjakan harga yang signifikan.

Bagi peluma bisnis baju muslim, saat menjelang Ramadhan adalah saat yang tepat membuka usaha. Mengapa demikian, ini sesuai dengan hukum supply-demand, disaat supply lebih kecil daripada demand, tentu akan memudahkan mendorong naiknya brand usaha Anda.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, ada baiknya melakukan langkah-langkah berikut ini, agar nanti tidak terkejut-kejut.


1. Lakukan peningkatan stok barang untuk mengantisipasi lonjakan harga dan kelangkaan produk baju muslim saat Ramadhan dan Lebaran. Pembelian jauh hari menjelang Ramadhan sangat dianjurkan, karena harga belum melonjak seperti halnya menjelang Ramadhan.

2. Mulai saat ini, meskipun belum ada lonjakan drastis kebutuhan baju muslim, langkah yang tepat adalah melakukan promosi. Manfaatnya, jika nanti kebutuhan pasar meningkat toko anda sudah ada di benak calon pelanggan.

3. Variasikan produk Anda, biasanya untuk hari-hari biasa umumnya kebutuhan baju muslim yang laris adalah baju muslim & jilbab. Tetapi untuk menghadapi Ramadhan kebutuhan pelanggan akan semakin bervariasi, mulai dari kopiah, sarung, sajadah & mukena biasanya mencapai booming.

4. Lebih baik menyimpan barang daripada uang. Mengapa demikian, karena menjelang Ramadhan biaya bahan baku dan ongkos produksi meningkat. Selain itu, kualitas barang yang dibuat jauh sebelum Ramahan umumnya jauh lebih bagus dari pada saat Ramadhan. Karena umumnya konveksi akan melakukan lembur sehari penuh sehingga quality control terhadap produk kurang begitu maksimal.

5. Jalin jaringan pemasok mulai saat ini, karena saat Ramadhan pemasok baju muslim banyak kehabisan stok barang. Dengan banyaknya pemasok, akan memudahkan kita mencari barang saat barang demikian langka.

Demikian tips menjelang Ramadhan, semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan dalam menempuh bulan suci ini.

Barakallah,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: