Wednesday, January 21, 2009

Dari Perusahaan ke Orkestrasi Jaringan Bisnis

Kita semua mengenal evolusi Web 1.0, menuju Web 2.0 dan berproses Web 3.0. Web1.0 ditandai dengan trafik download yang lebih besar daripada upload. Orang banyak menimba informasi dengan mengakses situs-situs informasi.

Dalam Web 2.0, paradigma ini berubah. Ini ditandai dengan boomingnya blog, frendster, Myspace,Youtube, Flickr dan aplikasi social networking lainnya. Dalam era ini, trafik berbalik. Orang banyak melakukan upload daripada download. Budaya sharing menjadi bagian penting dari milestone ini.

Kedepan, kita memasuki era collaboration & networking. Era Web 3.0. Diprediksikan kedepan situs-situs social networking akan sangat menentukan arah perubahan. Banyak orang akan melakukan kolaborasi social, edukasi dan bisnis dalam komunitas-komunitas maya.

Dalam bukunya, Thomas L Friedman, “The World is Flat” batasan-batasan regional dan nasional sebuah negara menjadi sangat tipis. Tak berjarak disebabkan karena kemajuan teknologi IT dan social budaya. Dalam kondisi ini, kekuasaan sebuah negara akan semakin tipis menuju ke persona individu.

Nah, dalam bisnis, sebagaimana bukunya Fung bersaudara, “The Competing in a Flat World” banyak dijelaskan dan digambarkan. Harus bagaimana bisnis mensikapi perubahan global seperti ini.

Ia contohkan, sebuah pesawat Boing di USA, terdiri dari 3 juta komponen. Dan komponen itu mayoritas di outsource ke perusahaan domestik dan perusahaan asing, dan hanya sebagian kecil saja yang dikerjakan oleh Boing.

Apa maknanya, kedepan bisnis tidak lagi bisa dikerjakan dari hulu sampai ke hilir, layaknya konlomerasi yang pernah jaya. Kedepan, adalh bisnis jaringan dimana sebuah prosuk sampai kepelanggan melalui jaringan lintas batas negara.

Sebagai contoh, sebuah baju bisa didesain di Amrik, bahan kain dari Pakistan, benang dari India, dijahit di Bangladesh dan di packaging di China kemudian shipping ke Amerika. Semua bergerak dalam spesialisasinya masing-masing. Ini telah terjadi dan benar-benar terjadi. Inilah yang disebut kolaborasi antar perusahaan dengan istilah “Orkestrasi Jaringan

Nah jika kita ingin bersaing dalam Dunia 3.0, ada 3 prasyarat :

1. Transformasi dari perusahaan menuju jaringan (Focus)
2. Transformasi dari pengendalian menuju pemberdayaan (Management)
3. Transformasi dari spesialisasi menuju integrasi (Creating Value)


Ditahun 2009 ini, atau Milad 1 Tahun Grosirbagus, kami sedang berproses ke arah GB 3.0.

Sangat cepat, tetapi itu harus kami lalui. Dan itu visi besar kami.di tahun 2009.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: