Thursday, February 19, 2009

Keluar dari Jebakan Perang Harga dengan Nilai Tambah

Kemarin, pas ada waktu senggang saya mampir ke toko buku di sekitar Jl. Pasteur Bandung. Ndak sengaja, saya beli buku yang setelah saya kunyah rasanya berkasiat sekali. Buku ini begitu menjawab kondisi global dan juga usaha saya saat geluti saat ini.

Kenapa saya katakan cocok dengan kondisi global saat ini. Pertama, ekonomi global sedang runtuh, dampaknya ekspor negara-negara Asia, China, Jepang, Korea dan sekitarnya banyak yang runtuh karena rendahnya daya beli di Amrik dan Europ.

Nah, mereka tidak mungkin berhenti produksi, wong harus menghidupi jutaan pekerja. Yang mereka lakukan adalah mengalihkan tujuan eksport. Salah satunya adalah Indonesia. Bisa kita ketahui bersama daya saing produk dalam negeri baik dari sisi kualitas, kuantitas dan pricingnya sangat jauh dibanding, katakanlah China yang memang sangat terkenal dengan harga yang super rendah.

Nah, dibuku ini ‘The 7 Universal Law Customer Value” katya Stephen C Broydrik menjawab, bagaimana kita bisa keluar dari jeratan perang tarif, yang jika kita lakukan kita akan berhadapan dengan produk-produk China. Berikut rumusnya :

1. Tidak Membuat Produk yang Sama Persis
Idenya sederhana, be creative. Jadilah kreatif. Jika produk kita sama berarti ndak ada value buat pelanggan khususnya jika di compare dengan produk sejenis. Dengan adanya produk yang berbeda maka tidak ada lagi komparasi harga, dengan demikian kita lebih leluasa memberikan pricing dan terbebas menjadi komoditas yang berdarah-darah.

2. Hilangkan Resiko
Sederhana sekali, hilangkan kekhawatiran dan mudahkan pelanggan melakukan pembelian. Pangkas kekhawatiran dengan memberikan garansi. Hilangkan kecemasan pelanggan dengan aminan yang meyakinkan dan tentu jangan sampai under estimate antara apa yang diharapkan dan apa yang diterima pelanggan.

3. Buat Konsumen Merasa Puas
Kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pelanggan yang puas karena mutu, trust & interpersonal akan mendorong mereka tidak sensitif harga. Disini integritas pebisnis menjadi demikian penting.

4. Persempit Tawaran Anda
Item yang tidak terklasifikasi, price yang ruwet dan coding barang yang amburadul serta kesesuaian antara iklan dan realitasnya membuat konsumen puyeng. Sederhanakan tawaran dan persempit klasifikasi. Dengan demikian, konsumen mudah melakukan pemesanan dan penghitungan.

5. Beritahu Keadaan yang Sesungguhnya
Kebanyakan iklan terlalu melebih-lebihkan apa yang dijual. Jika ingin membangun hubungan jangka panjang, kejujuruan akan informasi produk jauh lebih penting. Kejujuran akan men-create pelanggan yang loyal. Sedang kepura-puraan bisa jadi mengasilkan transaksi yang besar, tapi setelah itu umumnya mereka kabur. Belum lagi menangani komplain yang timbul. Lebih baik menjelaskan kondisi produk yang sebenarnya untuk memeroleh trust untuk kerjasama jangka panjang.

6. Memelihara Keunggulan Secara Konsisten
Dalam kaizen, adalah perbaikan terus menerus. Lebih baik mempertahankan keunggulan secara konsisten daripada inovasi yang sporadis. Konsistensi kita akan membuat pelanggan trust, bahwa kita memang kompeten di bisnis yang kita geluti.


7. Upayakan selalu Menjaga Hubungan
Menjaga hubungan dan tali silaturrahmi menjadi bagian penting. Jangan hanya pas mau jualan kita melakukan hubungan dengan pelanggan. Jalin hubungan walau pas tidak ada transaksi bisnis, dengan demikian secara tidak langsung kita telah me-remind di benak pelanggan. Sewaktu-waktu mereka butuh, maka yang ada adalah brand kita.

Demikian, 7 Universal Law Customer Value. Saya juga sedang merevisi bisnis saya dengan universal law ini. Semoga paska 1 Maret 2009 mendatang prinsip-prinsip ini bisa saya implementasikan di pengelolaan Wafana, Izzati, Kamila dan Bursa Jilbab. Dengan memberikan nilai tambah buat pelanggan ditengah maraknya persaingan diindustri garmen.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: