Sunday, February 08, 2009

Memilih Kain Bahan Membuat Jilbab


Setelah menggeluti bisnis jilbab dari mulai menjadi grosir sampai produksi saya rutin membuat catatan-catatan. Setidaknya catatan-catatan ini bisa saya gunakan sharing kepada para pelanggan yang selama ini setia dengan produk-produk kami.

 

Salah satu yang mau saya share adalah mengenai bahan jilbab. Berikut ini beberapa jenis kain yang sangat populer digunakan sebagai bahan membuat jilbab.

 


  1. Higet

Higet adalah kain yang berbentuk kaos. Bentuknya tipis dan sedikit kasar. Harganya relatif murah, sehingga banyak digunakan sebagai kaos kampanye atau jilbab kampanye. Banyak sekali Parpol yang pesan untuk diberikan kepada konstituennya. Karena bahannya yang tipis dan kadang mengkerut jarang orang yang memakai untuk acara formal.

 

  1. Spandex

Spandex adalah bahan kain yang terbuat dari unsur non alami. Kainnya halus, lentur dan lembut. Kadang spandex ada unsur sutranya, orang sering sebut Spandex Sutra. Karena bahannya halus, lembut dan nyaman, spandex harganya relatif mahal. Jilbab yang terbuat dari Spandex relatif mahal dibanding dengan jilbab lainnya.

 

  1. PE (Poly Ethilene)

PE atau Poly Ethilene adalah sejenis bahan kaos non alami yang populer digunakan sebagai bahan jilbab. Kainnya umumnya relatif tebal, halus dan lembut. Karena keunggulan tersebut banyak digunakan untuk membuat jilbab, khususnya jilbab yang ukurannya relatif besar.

 

  1. TC (Teteron – Cotton)

TC atau Teteron-Cotton adalah bahan kaos yang terbuat dari campuran  PE (65%) dan Cotton (35%).  Bahannya kesat dan menyerap panas meskipun tidak selembut PE. Bahan TC ini seperti halnya PE, banyak digunakan untuk membuat jilbab yang ukurannya relatif besar

 

  1. Rayon

Rayon adalah bahan dari unsur bahan jeans dari bahan non alami. Bahannya memiliki kelenturan dan relatif tebal. Bahan rayon yang sering digunakan untuk jilbab adalah rayon gerimis. Hasil akhirnya mirip dari PE atau TC.

 

Selain dari bahan diatas, ada bahan-bahan lainya seperti huilon, pashmina, rajut dan sebagainya. Namun demikian tidak begitu populer dibandingkan dengan 5 bahan diatas. Untuk pembuatan kaos Distro, bahannya berbeda dengan jilbab, karena bahan untuk pembuatan kaos relatif lebih tebal. Bahan kaos distro yang sering digunakan adalah Cotton Combed dan Cotton Carded. Kualitas Cotton Combed lebih bagus dan lembut dibanding dengan Cotton Carded.

 

Jika anda berminat berwirausaha jilbab, bahan-bahan diatas untuk wilayah Bandung dapat di beli di sekitar Jl. Otto Iskandardinata atau Gang Tamim (Kawasan Pasar Baru Bandung). Bisa juga ke daerah Cigondewah Bandung Selatan. Demikian semoga bermanfaat.

 

Wassalam,

 

Amir Fauzi
Owner GB Indonesia

9 komentar:

alifiah said...

Assalamu Alaikum....

Terima kasih banyak, telah memberikan informasi tentang jenis-jenis jilbab ini. Saya sangat terbantu dengan informasi yang diberikan. Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi saya dalam memilih kain jilbab.

Wasssalam...

Alifiah

alifiah said...

Assalamu Alaikum....

Terima kasih banyak, telah memberikan informasi tentang jenis-jenis jilbab ini. Saya sangat terbantu dengan informasi yang diberikan. Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi saya dalam memilih kain jilbab.

Wasssalam...

Alifiah

jay said...

Trims, sy sangat menghargai sharing ilmu dari anda moga dapat pahala dari Allah SWT.

Cholifah said...

Assalamualaikum warrohmatulloh...

Selama ini banyak artikel tentang membuat jilbab sendiri.
Tapi untuk info mengenai busa/spons yang dipakai untuk ciput tidak ada.

Mohon bantuannya, untuk ciput jilbab, pake spons atau busa apa ya?
Ukuran atau tebal busanya berapa?

Karena saya ingin buat jilbab sendiri.

Jazakumulloh khoiron katsir

Cholifah

Fitriyani Somantri said...

assalammualaikum pak,

terima kasih banyak inspirasinya saya ingin sekali berkunjung ke toko bapak.....


sukses selalu ya pak...

wassalam

Andy Bisinis said...

Bagi yang ingin mencari kain, bisa di lihat di halam facebook kami

http://www.facebook.com/kainmurahbandung

Rita Rosita said...

Assalammualaikum,

terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali buat saya dalam memilih bahan jilbab, sukses selalu ya pak...

http://rizkyonlineshop.com/

Rita Rosita said...

Assalammualaikum,

terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali buat saya dalam memilih bahan jilbab, sukses selalu ya pak...

http://rizkyonlineshop.com/

Risya Wardita said...

kalo busa untuk jilbab itu cari yang tebal 6mm di mana ya?punya referensi ga? thanks