Friday, March 13, 2009

Kiat Jitu Memulai Usaha

Banyak baca buku, banyak ikut seminar sukses, banyak ikut mentoring bisnis, banyak ikut coaching dan pembelajaran lainnya tidak sepenuhnya menjamin Anda sukses.

Itu semua ibarat amunisi yang daya ledaknya berfungsi jika disulut. Selagi tidak disulut dengan action, dahsyatnya amunisi tersebut tidak akan bisa dirasakan.

Nah, yang sebenarnya mengasah kita pada keahlian inti adalah ketika kita melakukan action. Jadi layaknya sebuah mata uang, antara pembelajaran (learn) dan action saling melengkapi.

Jadi berilmu saja tanpa action, bagaikan pohon tanpa buah. Ndak ada hasil yang bisa dinikmati.

Namun demikian, tanpa ilmu, kita juga tidak akan efektif dan terlalu besar ongkos belajarnya. Mulai dari biaya dan waktu yang harus dikorbankan untuk try & error.

Alangkah baiknya jika mau bisnis, mulailah dari learn (belajar) dari para ahli dibidangnya dan baca buku tentang bisnis. Nah, setelah itu jangan sampai terlena keasyikan sehingga menunda-nunda action. Lakukan action secepatnya agar cepat bertumbuh.

Ternyata, antara text book dan dunia bisnis seringkali sangat berbeda. Bisa jadi antara bumi dan langit. Nah, dari situlah kita akan temukan formula-formula bisnis yang cespleng.

Orang sering bilang, “Learn dulu, Baru Earn”. Belajar dulu, baru memperoleh untung. Nah, setelah bisnis digelar, jangan berhenti dan berpuas diri. Lakukan strategi pengembangan agar tumbuh. Memulai bisnis adalah langkah awal, dan mengembangkannya adalah langkah selanjutnya.

Ibarat menanam sebuah pohon, jika sudah ditanam bukan berarti pekerjaan selesai, itu adalah pekerjaan awal sampai kita memanennya. Demikian juga bisnis. Dia tidak akan tumbuh kalau kita tidak merawatnya dan memupuknya.

Kalau sudah tahap ini, selanjutnya perkaya bacaan-bacaan yang berisi tentang pengembangan usaha. Ini beda sekali dengan bacaan sebelumnya, tentang mendirikan usaha. Dan beda banget.

Terus lakukan selalu improvement disemua lini. Lakukan perbaikan selalu untuk menyempurnakan sistem. Mulai dari produksi, marketing, SDM dan keuangan. Setidaknya ada 4 pilar ini untuk menopang bisnis.

Rayakan setiap kemenangan kecil “small winning”. Setiap kami menemui wow & aha bergembiralah. Karena sejatinya kesuksesan besar dibentuk dari kesuksesan-kesuksesan kecil.

Maju dan majulah, saya yakin dengan konsep sederhana ini suatu saat usaha anda akan membesar dan menjadi korporasi yang diperhitungkan.

Jadilah fokus dan persisten di bidang Anda. Yang fokus saja bisa gagal apalagi yang terlalu banyak keinginan. Fokuskan pada keunggulan dan bukan pada kelemahan niscaya usaha Anda akan dikenal kompeten di suatu hari.

Wassalam,

Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: