Monday, May 25, 2009

Kiat Bertahan Dimasa Krisis

Kemarin saya bertemu dengan beberapa pengusaha yang saya anggap telah mapan dalam industri garmen muslim. Saya sangat takjub akan kesuksesannya dalam memulai dan mengembangkan bisnis, ini bisa dilihat dari capaian yang saya anggap sangat berhasil secara kasat mata.

Saya coba gali sejarahnya, mulai dari merintis bisnis, mengembangkannya hingga kondisi terkini. Setelah saya gali dari beberapa orang diantaranya, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan secara halus.

"Kejayaan yang diperoleh saat ini adalah buah dari kerja keras dan kesuksesan masa lalu ". Inilah kesimpulan saya, sedang kejayaan dimasa mendatang ditentukan dengan kerja keras kita saat ini.

Terus terang, saya melihat ada kegamangan menghadapi perubahan-perubahan besar baik makro maupun mikro. Salah seorang pengusaha, yang 5 tahun yang lalu dapat memasok sekitar 800 kodi per-minggu, kini cuman bisa 150 kodi perminggu. Ada juga setahun yang lalu mempekerjakan sekitar 20 orang kini susut tinggal 4 orang. Dari informasi yang saya dapat, ada yang lahir dan ada yang punah.

Bisa jadi pemeo yang telah kita anggap valid kini menjadi tak valid lagi. Semisal, dulu yang besar makan yang kecil, berlanjut yang cepat memakan yang lambat. Kini, yang saya anggap sahih, yang adaptif akan memakan yang kaku dan tidak mau berubah.

Agar perusahaan bisa terus langgeng dan tampil, ada baiknya kita belajar dari teori buih. Buih itu, seberapapun tinggi air, dia akan tetap mengapung diatas. Artinya, kita harus sangat adaptip dengan perubahan. Baik perubahan bisnis, perubahan kastamer, perubahan produk dan apapun. Tanpa kita mau berubah, bisa jadi, secara pelan kita akan digilas jaman.

Bisa jadi, dulu dinosaurus sedemikian besar, kuat dan tidak ada lawan, tetapi karena perubahan lingkungan yang drastis tak lagi dapat menyesuaikan diri. Akibatnya, organisme yang dipandang kecil justru yang mampu bertahan.

Dari sini bisa kita simpulkan, cara bertahan yang baik adala tidak diam. Freeze, atau diam bisa jadi tepat untuk sesaat, tetapi dalam kurun yang lama sungguh sangat berbahaya. Apapun kondisinya kita harus ciptakan perubahan, minimal terus bergerak. Jika tidak, pastilah akan ketinggalan kereta.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: