Monday, May 25, 2009

Memaksimalkan Otak Kanan dalam Bisnis

Saya banyak berguru pada Pak Purdie Chandra. Saya ikut dalam Entrepreneur University (EU) Angkatan 2 di Balikpapan tahun 2007. Ada banyak yang saya dapatkan dari Pak Purdie, baik mendengar langsung arahannya, melalui bukunya dan melalui VCD-nya. Saya sangat terbantu menghidupkan sinyal entrepreneur saya yang terkubur sangat dalam dan sangat lama.

Salah satu pelajaran berharga yang saya dapat adalah memaksimalkan otak
kanan. Merintis bisnis ini akan menjadi sangat berat jika mengandalkan otak kanan. Bisa jadi ndak mulai-mulai. Semisal, untuk memulai usaha perlu beberapa perlengkapan dari a - z. Dari bisnis plan sampai budget. Andaikan saja saya berpikir seperti itu, mungkin saya ndak punya usaha seperti saat ini. Terlampau berat memulainya, apalagi masalah perijinan dan lainnya.

Untung saya banyak terinspirasi dengan teori otak kanannya Pak Purdi. Mau usaha, saya jarang mikir, buka aja dulu, kalau ndak berhasil ya tutup aja. Demikian sampai berhasil. Setiap orang punya jumlah kegagalan masing-masing, maka semakin cepat menghabiskan kegagalan, semakin cepat kita sukses.

Dengan cara itu, terbukti saya bisa maju, walau usaha yang saya rintis di peternakan dan percetakan akhirnya gulung tikar. Anggap saja ini adalah uang sekolah. Tetapi, alhamdulillah bisnis usaha saya di garmen tumbuh kian pesat. Sepertinya itu bidang yang harus saya tekuni habis-habisan sekarang dan kedepann.

Nah, pelajarannya. Jika nunggu semua sempurna, tak akanlah bisnis bisa jalan. Just do it dulu aja, dengan modal minimal jalankan, amati dan kembangkan. Jika prospek lanjutkan, jika tidak yang dibungkus saja ganti yang baru.

Ini sekedar pengalaman saya. Bisa ditiru atau diabaikan. Kami serahkan kepada anda semua. Maksimalkan otak kanan, dengan keberanian, kekuatan visi, dan mental baja, insya Allah berhasil. Jika belum, bersabarlah dan jangan putus asa.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

1 komentar:

Diah said...

Ya betul pak, setuju banget tuh saya juga baca bukunya Daniel H. Pink yg judulnya misteri otak kanan manusia, intinya bgmn kita memaksimalkan otak kanan kita. Tapi bisa bagi ilmunya dikit pak mengenai bisnis baju muslim anaknya, kebetulan saya juga lagi mo mulai prepare bisnis baju muslim anak dan mukena anak, mgkn bisa sharing mengenai modal awal dan lain2nya,
sebelumnya terima kasih yaa...sukses untuk kita semua amin