Monday, June 29, 2009

Bisnis Kaos Distro Bandung Dimulai

Kalau pengusaha Cina, banyak yang berpikir long term. Ketika usaha eceran berjalan, maka mereka mulai masuk grosir, kalau masuk grosir sudah mapan, maka masuk sektor produksi, kalau produksi sudah kuat, masuk sektor hulu membuat bahan baku. Kalau integrasi hulu hilir sudah dibuat, mereka membangun jaringan distribusinya.

Wow, maka mengapa mereka begitu besarnya. Dalam industri tekstil misalnya, mereka menguasai mulai dari import kapas, kemudian pembuatan bijih benang, terus perajutan dan sekalian pencelupan. Belum sampai disitu, dilanjutkan lagi ke garmen. Bahan baku yang sudah tersedia diolah menjadi pakaian dan segala turunannya.

Untuk membuat sebuah kerajaan bisnis seperti itu, tidaklah mudah. Mereka merintis tumbuh waktu demi waktu mulai dari eceran sampai membuat sendiri industri hulu. Kalau saya dapat cerita, banyak pengusaha tekstil China, awalnya makan bubur dan jadi pekerja di para pribumi yang lebih dahulu eksis di lokasi Tekstil Majalaya.

Nah, seiring dengan perkembangan jaman, kini berganti. Yang dahulu mereka jadi pekerja, kini jadi juragan dan orang pribuminya jadi pekerja. Ada pelajaran berharga disini. Bahwa kerja keras, kreatifitas, efisien dan berpikir jangka panjang menjadi hal yang sangat fundamental bagi perkembangan bisnis.

Terinspirasi dari hal diatas, setelah dari retil, kemudian grosir, dan kini masuk dalam produksi akan melakukan integrasi horizontal dengan menambah lini produk. Lini produksi kami yang baru adalah produksi kaos distro muslim dan motivasi.

Ada dua brand yang sedang kami bangun, Jihadi Clothing & Revolta Clothing. Alhamdulillah, webnya sudah eksis. Dan sebagaimana pengalaman sebelumnya, ketika kita action, Allah SWT selalu memberikan kemudahan. Langsung atau tidak langsung Allah pertemukan saya dengan orang-orang yang memiliki expertise dibidang clothing tersebut.

Kemudian untuk pemasok bahan, alhamdulillah. Semoga kedepan, produk kami bisa bersaing baik dari sisi kualitas maupun harga. Mohon doanya.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: