Wednesday, June 17, 2009

Perjalanan Sebuah T-Shirt

Saya tersentak dan sekaligus terinspirasi membaca sebuah buku "the long journey a shirt". Buku itu disusun berdasarkan dokumen-dokumen rinci yang menjelaskan bagaimana sebuah T-Shirt itu dibikin dan dipasarkan.

Begini ceritanya, produksi kapas didunia didominasi oleh Amerika. Tempat tanam ada di daerah Texas. Disana banyak sekal petani kapas yang diproteksi dan disubsidi oleh pemerintah AS. Kenyataan ini banyak diprotes oleh para petani dinegara-negara berkembang. Disatu sisi Amerika meminta adanya perdagangan bebas disatu sisi mereka melakukan subsidi dan proteksi kapas yang menjadi bahan dasar pakaian di seluruh dunia.

Alasannya sederhana, kapas adalah bahan dasar dari pakaian, jika tidak ada produksi kapas maka gegerlah dunia. Ini juga relevan dengan apa yang disampaikan Nabi Muhammad, bahwa bisnis kaum laki-laki yang baik adalah membuat pakaian dan parfum. Ini menunjukkan bahwa begitu sentral peran pakaian dan parfum dalam kehidupan manusia.

Kembali kecerita selanjutnya, kapas yang disubsidi tersebut akhirnya memiliki daya saing yang tinggi, baik dari sisi kualitas maupun harga. Kapas yang diproduksi kemudian diekspor ke beberapa negara berkembang untuk diproduksi baik untuk bahan dasar kain maupun sampai pakaian jadi.

Kenapa diproduksi di negara berkembang, karena produksi bahan pakaian memiliki banyak limbah, sehingga pemerintah AS tidak mau memproduksi. Selain itu daya saing tenaga kerja lebih murah.

Setelah pakaian & kain jadi, maka dieksport ke Amerika dan negera maju, lantas dikonsumsi oleh mereka. Harga produksi dan harga jual sungguh sangat jauh deviasinya.

Karena negara maju demikian konsumtif, t shirt yang dipakai pun belum jelek sudah ganti, demikian terakumulasi sehingga demikian banyak terkumpul kaos-kaos bekas pakai. Cerita selanjutnya, kaos-kaos tersebut menjadi limbah di Amerika. Selanjutnya kondisi ini menciptakan peluang. peluang ekspor kaos bekas. Dan inilah yang terjadi. Kaos-kaos bekas tersebut kemudian dieksport ke negara berkembang yang tadinya membuat kaos dan bahan jadi.

Demikianlah, sekilas perjalanan sebuah kaos yang menceritakan keadaan yang memilukan tentang ketimpangan ekonomi, negara kaya dan miskin. Inilah tugas kita untuk menciptakan ekonomi yang penuh keberkahan ditengah ketimpanganekonomi yang dahsyat.

Salam Idonesia Bangkit !

Wassalam,

Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: