Wednesday, June 17, 2009

Setelah Mendirikan Usaha, Lantas Apa Selanjutnya

Mencari ide bisnis adalah hal yang tidak mudah, apalagi ide bisnis yang prospektif. Belum lagi memulainya. Nah, setelah memulai usaha, terus usaha berjalan, apakah berhenti sebatas itu. Jawabnya tidak...

Banyak sekali usaha setelah didirikan lantas berhenti sampai disitu, sehingga bisnis gagal bertumbuh. Ini yang sering kita temui, bisnis dari tahun ke tahun berjalan ditempat. Alasannya ada dua, pertama sudah merasa puas dengan kondisi yang ada, dan kedua takut untuk bertumbuh.

Lho, kok ada ? jawabnya ya ada...
Trus kenapa kok takut tumbuh, ada beberapa alasan, pertama lack of knowledge, kekurangan ilmu. Jadi ketika usaha tumbuh, permintaan tinggi justru kalang kabut memenuhi permintaan pelanggan, dan karena kekurangan ilmu mengelola jadi amburadul dan tidak menemukan way out. Lantas karena merasa tidak mampu, kembalilah ke porsi semula, sehingga tidak naik kelas posisi bisnis.

Kedua, permintaan tidak tumbuh, tetapi tidak ada usaha untuk menciptakan pasar karena tidak adanya pengetahuan untuk itu.

Nah,
Penting sekali untuk membekali dengan ilmu agar bisnis bisa bertumbuh. Semisal dari sebuah home industri ke industri yang sebenarnya. Nah, salahsatu resep aar bisnis yang baru lahir bisa tumbuh adalah melakukan transformasi dari industri rumahan menuju industri modern. Dengan melakukan transformasi tersebut, usaha kecil bisa memiliki peluang lebih besar daripada mempertahankan tata kelola secara tradisional.

Demikian,
Sekilas cerita, yang saat saya gunakan untuk menumbuh kembangkan usaha yang kami rintis.


Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: