Friday, July 31, 2009

Mencari Kompetensi Inti

Kompetensi inti (core competence) adalah keunggulan dan kemampuan tertinggi yang kita miliki dari segala potensi yang ada. Mengenal kompetensi inti adalah kunci kesukesan bisnis. Kompetensi inti bisa ditemukan dengan meraba, mana yang paling kita suka, mana yang paling dapat kita lakukan dengan cara terbaik atau mana yang paling cepat kita kuasai.

Jika kita telah menemukan kompetensi inti dan sesuai dengan passion kita, maka langkah berikutnya adalah habis-habisan memperdalam kompetensi kita. Tujuannya adalah kita memiliki keunggulan kompetitif dibanding industri sejenis.

Kunci dari diverensiasi kompetensi inti adalah fokus, fokus dan fokus. Seringkali seorang entrepreneur ketika usahanya mulai jalan tergoda dengan peluang-peluang baru yang memang bisa jadi menjanjikan. Dan terus mengejarnya. Apa yang sering terjadi, karena kurang fokus, bisnis awal yang dirintis tidak tumbuh demikian juga bisnis barunya.

Salah satu godaan berat seorang entrepreneur adalah ingin semua peluang diambil. Maka kunci agar tidak terjebak dengan kondisi ini adalah harus memperjelas kita ingin jadi apa saat melakukan setting bisnis (visi). Nah, setelah itu pegang habis-habisan untuk fokus didalamnya.

Jika tidak melakukan ini, bisa jadi usaha tidak akan menjadi besar, yang terjadi adalah gonta-ganti bisnis.

Saat bisnis sudah running, yang paling baik untuk kita lakukan adalah meletakkan usaha dengan fundamental yang kuat. Bagaimana melakukan migrasi dari usaha pemula menuju UKM dan menuju industri. Jangan sampai jadi pemula terus karena sibuk gonta-ganti cari peluang, tapi lupa mengembangkannya.

Saat merintis bisnis yang paling penting adalah mencari ide bisnis dan mengeksekusinya. Saat usaha sudah jalan yang paling pentinga adalah manajerial dan leadership untuk mengembangkannya menjadi besar.

Selamat betumbuh dan bertumbuh.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

1 komentar:

Nina Agustina said...

Assalamualaikum,,

Salam kenal Pak..

Benar banget..kunci keberhasilan dalam usaha adalah FOKUS..

Sukses ya Pak..jangan lupa..sisihkan sebagian harta untuk yang membutuhkan..^_^

YM : sriagustina_rzi