Sunday, July 05, 2009

Proses Produksi Industri Sandang

Industri sandang adalah industri yang tidak ada matinya. Sandang merupakan kebutuhan pokok, selain pangan dan papan. Dimanapun manusia, selama ia masih bernafas, membutuhkan kebutuhan dasar tersebut.

Kembali ke industri sandang. Amerika, sebagai sebuah negara super power, telah secara khusus mengalokasikan Texas sebagai negara pemroduksi kapas terbesar di dunia. Mengapa kapas menjadi sentral bagi negera industri tersebut, karena memang kapas adalah bahan utama dari pakaian. Orang Texas bilang, andaikan saja mereka mogok tidak mau menanam kapas dalam 3 tahun, maka dunia akan berantakan.

Agar kapas Amerika eksis, bahkan pemerintah memberikan subsidi dan proteksi terhadap petani mereka, sehingga posisi kapas Amrika sampi saat ini masih teratas di dunia. Ini melihat sangat strategis dan pentingnya industri sandang.

Nah, apa saja yang meliputi industri sandang ini, berikut sedikit penjelasan, semoga membuka wawasan kita.

1. Produksi Kapas
Kapas kebanyakan diimpor dari Amerika sebagai salah satu penghasil kapas terbesar dunia. Eksport kapas ini biasanya dilakukan ke negera-negara kelas dua, mengingat ongkos produksinya lebih murah.

2. Pembuatan Biji Benang
Bahan kapas selanjutnya diolah menjadi biji benang berwaran putih bersih. Dari sini kapas biasanya dicampur dengan bahan non alami, bisa dicampur dengan PE (Poli Ethilene) atau Spandek dan bahan lainnya.

3. Perajutan
Benang yang sudah jadi, kemudian dilakukan perajutan agar menjadi kain. Biasanya industri perajutan mengambil benang dari produsen benang. Hasil perajutan biasanya berupa kain putih bersih, kecuali jika dilakukan pencelupan benang sebelum dirajut.

4. Pewarnaan
Selanjutnya, dilakukan pewarnaan dengan zat kimia sesuai dengan warna yang diinginkannya. Warna biasanya terbagi menjadi 3 kategori, muda, sedang dan tua. Semakin tua warna semakin mahal biaya yang dibutuhkannya. Dari pewarnaan ini biasanya menghasilkan limbah yang merusak lingkungan

5. Pembuatan Pakaian
Dari bahan kain yang sudah jadi, biasanya dikonsumsi oleh industri garmen. Disini dilakukan desain, pemotongan, penjahitan, finishing dan pengepakan.

6. Pemasaran
Bahan yang sudah di packaging dilakukan labelling serta melalui proses QC (Quality Control) untuk dipasarkan keseluruh dunia.

Inilah proses yang terjadi dalam industri sandang, silakan, Anda mau bergabung di sektor mana. Tergantung modal dan minat.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: