Tuesday, August 18, 2009

Ilmu Entrepreneur : Perlu dan Penting

Saat kami berencana memulai usaha, saya banyak berburu motivasi memulai usaha. Mulai dari seminar, training, baca buku dan ikut kumpul-kumpul. Pada masa ini, yang paling penting adalah bagaimana menimbulkan spirit untuk mendirikan usaha.

Selain itu juga mencari sumber-sumber, usaha apa saja yang dirasa cocok dan pas terhadap kondisi kita. Ikut seminar, baca buku dan kumpul-kumpul memberikan dampak yang luar biasa, umumnya yang tadinya takut buka usaha jadi berani. Ini tahap penting, tahap bagaimana memecahkan telur ketakutan berwira usaha.

Berikutnya, ketika usaha telah dibuka dan berkembang, pesanan semakin banyak, pelanggan mulai tumbuh dan kesibukan usaha semakin meningkat. Awalnya, semua dari produksi, pemasaran dan keuangan bisa kita handle sendiri, lama-lama badan jadi penat. Nah, ini dia problemnya. Banyak sekali pemula tidak bisa naik kelas karena hanya modal spirit. Spirit saja tidaklah cukup. Kebernian saja tidaklah cukup. Perlu ilmu tambahan disini.

Sesuai dengan pengalaman saya saat merintis usaha. Dengan semakin besar usaha, maka tak cukup lagi mengandalkan semangat dan keberanian, perlu ilmu entrepreneur disini. Apa ilmu entrepreneur setelah buka usaha dan berniat membesarkannya. Ilmu itu mudah tapi tak semudah ketika menerapkkannya. Ilmu itu ilmu manajemen.

Manajemen apa yang dipelajari. Manajemen klasik jawabnya. Kenapa klasik, karena ilmu ini memang sudah proven dan dibuktikan oleh korporasi-korporasi besar. Setidaknya ada 4 ilmu dasar yang harus dikuasai.

Pertama, Manajemen Operasi
Manajemen ini membantu kita melakukan operasi perusahaan. Baik perusahaan jasa maupun barang. Ilmu ini mengurai bagaimana barang didesain, diproduksi, dikontrol kualitasnya dan didistribusikan ke pelanggan.

Kedua, Manajemen Marketing
Bagaimana produk yang telah didesain dan dibuat dapat dipasarkan kepada pelanggan. Menghasilkan produk yang baik saja tidaklah cukup jika produk tersebut tidak dapat dipasarkan kepada pelanggan. Kuncinya adalah berangkatlah dari apa yang diinginkan pasar, selanjutnya penuhi kebutuhan pasar. Sehingga apapun yang anda buat akan diserap oleh pasar.

Ketiga, Manajemen Keuangan
Uang pelu diatur dengan baik. Uang keluarga dan uang bisnis jangan dicampur. Hitung benar biaya-biaya yang sudah keluar. Catat dengan benar semua penerimaan dan pengeluaran. Manajemen kas juga sangat penting, jangan sampai kehabisan darah saat usaha kecil beroperasi.

Keempat, Manajemen SDM
Semakin besar maka perlu ada delegasi dan pembagian tugas. Ikhlaskanlah berbagi rezeki dengan orang lain. Oleh karena itu manajemen rekrut sampai kontrak kerja harus jelas. Selain itu pembagian jobs serta penggajian pegawai juga penting agar pegawai termotivasi.

Empat ilmu inilah yang perlu dipahami dan dimengerti dengan baik. Tanpa kita memahami dan menerapkan bisa jadi usaha yang kita rintis tidak membesar alias jalan ditempat. Ilmu-ilmu ini ilmu teks book yang seringkali jarang dipelajari oleh pemula. Dikira ketika usaha telah berdiri maka tinggal jadi juragan. Ketika usaha berdiri itu masih awal dan bukan akhir dari perjuangan seorang entrepreneur.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: