Monday, May 31, 2010

Bisnis Gaya Pohon Pisang

Sebagai warga negara tropis, pastilah tahu pohon pisang. Daunya lebar, sering dipakai untuk bungkus nasi dan nogosari. Trus pelepahnya umumnya dipakai blebet tempe oleh bakul tempe. Dan kadang gedebognya dipakai dalang nancepin wayang.

Sekilas tidak ada yang aneh dengan pohon pisang ini. Tetapi ada sebuah pengusaha menggunakan pohon pisang sebagai filosofinya. Pengin tahu ?


Pisang itu tumbuh hanya sekali seumur hidupnya. Bermula dari kecil kemudian membesar dengan daun yang lebat. Kemudian keluarlah bunga, orang Jawa sering menyebutnya ontong. Enak disayur lodeh.


Setelah itu, ontong mekar dan keluarlah calon buah pisang. Buah itu terus membesar dan memanjang sampai saatnya siap dipetik kalau sudah ranum. Pada keadaan itu, daun pisang mulai menguning dan layu yang akhirnya mati.


Namun demikian, sebelum pohon itu mati, ia telah melahirkan puluhan anak pohon pisang yang siap dibesarkan. Ia adalah penerus generasi pisang yang hingga kini buah pisang dapat kita nikmati. Demikian terus siklusnya.


Pelajarannya, dalam siklus produk ada fase embriotik, growth, maturity & decline. Sebagai pemilik bisnis yang arif dan mamnpu membaca tanda-tanda zaman. Ketika ada bisnis yang mulai layu dan tak terhankan jauh-jauh hari telah menyiapkan produk penggantinya. Demikian seterusnya agar dapur tetap ngebul.


Aplikasi dalam binis keluarga (Family Business), founder bisnis harus jauh-jauh hari menyiapkan generasi penerus jika ingin bisnis itu langgeng. Jangan sampai ketika founder meninggal bisnis juga demikian. Tak ada generasi penerus.


Fase lahir, tumbuh dan mati dalam siklus produk adalah keniscayaan. Yang penting adalah bagaimana kita mensikapinya agar tetap survive.


Wassalam,



Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

1 komentar:

Bayu Dhian Sasongko said...

tambahan mir, pohon pisang tidak akan mati di tebas / potong batangnya utamanya. Pohon pisang akan terus mengeluarkan tunas baru sampai dia bisa berbuah.

nice sharing