Monday, May 24, 2010

Dari Merger dan Akuisisi ke Aliansi Bisnis

Dulu, perusahaan mengembangkan diri melalui pendekatan integrasi. Ada integrasi vertical, dimana dari hulu sampai hilir dikuasai. Kemudian berkembang integrasi horizontal dimana terjadi sinergi antar berbagai perusahaan sejenis.

Pola yang digunakan umumnya merger, penyatuan bisnis dari dua perusahaan dan ada juga yang akuisisi, perusahaan besar melakukan pencaplokan terhadap perusahaan sejenis. Banyak sekali perusahaan menggunakan strategi ini untuk memperbesar diri hingga terbentulkan konglomerasi bisnis.

Namun, dari trend yang berkembang, dimana saat ini terjadi penurunan tingkat keberhasilan merger dan akuisisi. Hal ini disebabkan karena tingkat pertumbuhan bisnis dari sisi jumlah dan kapasitas yang luar biasa diakhir-akhir ini. Belum lagi merger dan akuisisi semakin rendah
keberhasilannya khususnya integrasi kultur antara perusahaan, mengingat semakin kesini, perusahaan semakin memiliki keunikan sehingga berpengaruh terhadap keberhasilan integrasi.

Dengan menurunnya tingkat keberhasilan merger dan akuisisi, kini muncul fenomena baru dengan apa yang disebut aliansi bisnis. Dalam aliansi bisnis tidak terjadi peleburan secara struktur korporasi, yang terjadi adalah kerjasama dalam jangka panjang untuk memasok rantai produksi. Toyota misalnya, mengembangkan UKM-UKM secara mandiri untuk mensupport komponen mobil yang diproduksinya.

Aliansi bisnis kedepan bisa jadi salah satu solusi dalam memperbesar usaha. Ini sejalan dengan berkembangnya sistem orkestrasi jaringan, dimana dalam rantai produksi komponennya dibuat oleh perusahan lain sebagai supplier yang bekerjasama dalam sebuah jaringan.

Nah, bisnis adalah sebuah gagasan. Aliansi bisnis bisa jadi sebuah gagasan yang patut dicoba. Anda tertarik mencobanya ?

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: