Monday, May 31, 2010

Jangan Pernah Berpuas Diri

Beryukur sangat dianjurkan, tetapi berpuas diri dengan sebuah capaian adalah sebuah kelalaian. Sebagai pengguna handphone tentu pernah dengar Nokia Communicator. Dulu Communicator adalah simbol kesuksesan. Hampir semua eksekutif memilikinya. Dari data Nokia yang pernah saya dengar, Indonesia dalah pasar terbesar Nokia Communicator di dunia.

Belum lagi produk Nokia lainnya. Begitu menguasai pasar. Namun, dalam beberapa tahun saja kita tak pernah membayangkan. Simbol kesuksesan yang dulu diidentikkan dengan Nokia tergilas dengan sangat cepat dan digantikan Blackberry. Perubahan terus berlangsung hingga Nokia merger dengan Siemens.


Ini hanya sebuah pelajaran, bahwa dalam bisnis apapun jangan sampai kita berpuas diri dengan capaian omset, sales, jumlah agen dan sebagainya dan lupa melakukan adaptasi dan inovasi. Selain itu, menunjukkan bahwa sukses masa lalu bukanlah jaminan bagi sukses masa depan. Perusahaan sebesar gurem pun dalam kondisi saat ini bisa saja menjadi gurita dalam waktu yang tidak lama. Dalam dunia yang datar, peluang kompetisi menjadi jauh lebih fair. Siapa yang dapat memenangkan hati pelanggan, memilki potensi untuk memenagi persaingan.

Bagaimana agar tidak pada posisi berpuas diri. Salah satunya, lakukan terus envisoning. melihat pasar, amati apa keinginan dan kebutuhan pelanggan. Amati pesaing, bagaimana gerak pesaing. Dan yang jauh lebih penting, lakukan perbaikan terus menerus dan inovasi agar produk dan layanan yang dihasilkan tetap adaptif dengan pasar.

Tanpa usaha-usaha tersebut, bisa jadi kebesaran yang dicapai saat ini akan menjadi kenangan dikemudian hari. Creating future from the future !

Wassalam,



Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: