Monday, May 31, 2010

Mensiasati Perubahan Bisnis yang Sangat Cepat

Kolega saya mengeluhkan, penjualan produk garmennya terus menurun dari tahun ke tahun. Dulu ketika masa jaya, ratusan kodi habis ditelan pasar. Kini, terjadi penurunan gradual yang terus menerus. Dari kondisi puncak dulu, kini dia hanya bisa menembus 50% nya saja.

Mengapa bisa decline begini ?
Saya melihat ada beberapa faktor. Internal dan eksternal. Faktor ekternal, kita melihat daya beli masyarakat yang semakin menurun seiring dengan adanya krisis. Disatu sisi, munculnya pengusaha-pengusaha baru akibat PHK dan tren wirausaha meningkatkan tensi persaingan yang berujung pada persaingan harga dan produk.

Dari sisi internal, ketika lingkungan bisnis semakin turbulen dan pesat, manajemen usahanya tidak dilakukan update sehingga mampu menjawab tuntutan bisnis. Ketika terjadi demikian, maka sales akan terdegradasi secara perlahan.

Jika tidak melakukan sesuatu, jelas ujungnya usaha akan terus menurun dan akhirnya tutup. Saya teringat ketika ngobrol dengan seorang pengusaha China, saya bilang kenapa anaknya disekolahkan ke luar negeri, bukankah usahanya sudah besar dan tinggal meneruskan saja.

Dengan arif, Koh tersebut menjelaskan. Kalau dulu, usaha tak perlu pakai otak, yang penting sediakan barang dan laku. Tetapi sekarang orang sudah pada pinter dan banyak yang jualan. Jika anak saya tidak dibekali ilmu, saya khawatir nanti dia tidak bisa meneruskan usaha ini.

Engkoh tersebut benar. Bisnis sekarang tak hanya bermodal otot, tetapi juga harus diimbangi dengan ilmu.

Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha, menjadi wajib terus menambah pengetahuan dan jaringan. Jangan sampai tertinggal, karena model bisnis terus berubah. Jika kita tidak mampu beradaptasi, maka akan ditelan.

Demikianlah pelajaran yang saya petik dari kolega saya. Semoga bermanfaat.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: