Monday, July 26, 2010

Efisiensi Biaya Operasi Perusahaan


Parameter manajemen operasi adalah bagaimana agar operasi berjalan secara efektif dan efisien. Dalam Lean Management setidaknya ada 7 area dimana kita bisa melakukan penghematan. Berikut ini yang bisa kita lakukan, yang disingkat TIMWOOD.

1. Transportation
Lakukan efisiensi dalam hal transportasi, apalagi BBM yang tinggi. Caranya, optimalkan komunikasi via SMS, email atau kontak dulu sebelum mendatangi. Jika masalah bisa kita selesaikan cukup dengan telepon, maka ndak perlu kita harus melakukan perjalanan. Contoh lain, melakukan kerjasama dengan supplier atau jasa pemaketan agar mengirim atau mengambil barang. Lumayan biaya yang bisa kita reduksi.

2. Inventory
Lakukan stok barang secukupnya, jangan sampai over atau under stok. Jika over, maka perlu ruangan, pemeliharaan dan penyusutan. Jika under, maka bisa jadi pelanggan tidak dapat kita solusi dengan produk kita.


3. Motion
Kurang aktifitas gerak yang tidak perlu dengan cara memangkas bisnis proses yang tidak efektif. Sehingga proses pergerakan semakin efisien. Bergerak jika perlu. Bisa juga dengan bantuan implementasi IT.

4. Wait
Minimalkan antrian, sehingga tidak banyak resources yang hilang. Termasuk antrean barang dll.

5. Over-processing
Pangkas bisnis proses yang tidak perlu menjadi minimalis dan efisien


6. Over-production
Produksi yang pas dengan kebutuhan pelanggan. Jangan sampai over produksi. Untuk analisa ini, perlu adanya analisa data kebutuhan dan trend pelanggan.


7. Defect
Kurangi kesalahan-kesalahan dan cacat yang terjadi dengan mekanisme training dan pembuatan SOP/SMP. Dengan standarisasi maka output bisa dikendalikan dari sisi kualitas dan kuantitas.

Demikian 7 Area dimana kita dapat melakukan penghematan.

Wassalam,

Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================


0 komentar: