Monday, July 05, 2010

Fokus Kepada Peluang dan Bukan Pada Hambatan

Peluang itu ibarat kita mau parkir mobil di mall, saat ada tempat kosong, kadang kita ragu, mau parkir di tempat itu atau tidak. Seringkali kita ragu, pengin mencari tempat yang lebih OK. Namun, saat kita beputar mencari tempat lain yang lebih nyaman, ternyata sudah penuh. Dan saat balik ke tempat parkir yang tadi kita nikmati, ternyata sudah ditempati orang. Ini sebuah analogi kesempatan atau peluang.

Peluang itu terkait dengan waktu, ia datang sekali saja dan tidak akan pernah datang kembali. Kalaupun ada peluang yang serupa datang, itu sebenarnya bukanlah putaran ulang peluang yang telah hilang, tetapi adalah peluang baru.

Saat peluang datang, jika dimanfaatkan dengan baik, bisa merubah nasib bak bumi dan langit. Memberikan keajaiban. Nah, bagaimana agar peluang yang datang bisa kita manfaatkan secara maksimal. Rumusnya sederhana, kesuksesan akan terjadi jika terjadi pertemuan antara kesiapan dan peluang. Jika peluang datang, tapi kita tidak siap, maka tidak akan terjadi ledakan. Jika kesiapan ada, namun peluang tak kunjung tiba, juga demikian, tidak menimbulkan efek ledak.

Jadi, kesiapan menyambut peluang adalah hal yang sangat dianjurkan. Sebagai seorang pebisnis busana muslim, melihat peluang adalah pekerjaan yang harus terus dilakukan. Melakukan envisioning atau pengamatan pasar adalah sebuah keharusan, mengingat bisnis fashion adalah bisnis mode. Produk yang dihasilkan tidak akan diserap pasar jika modenya sudah lewat.

Melihat dan merespon peluang secara kreatif menjadi demikian penting ditengah persaingan yang ketat. Dengan kreatifitas kita akan bisa melihat peluang-peluang yang seringkali tidak dilirik oleh pasar. Namun demikian, menyamput peluang yang datang tidaklah mudah, untuk melakukan kesiapan seringkali jalan terjal dilalui. Melalui hambatan adalah suatu keniscayaan,
karena tanpa melalui hambatan kita tidak akan menemui kesiapan. Misal, ketika musim lebaran tiba, maka kita ada hambatan menyiapkan barang yang biasanya laku keras. Jika hambatan itu tidak kita selesaikan, maka peluang meraih omset jadi hilang.

Jadi, berfokus pada peluang jauh lebih penting daripada berfokus pada hambatan. Jika kita memandang peluang, maka menjadi kecillah hambatan didepan mata, tetapi jika kita berfokus pada hambatan, menjadi kecillah peluang yang muncul.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: