Friday, July 09, 2010

Strategi Low Budget High Impact

Low Budget, High Impact.

Biaya kecil, Hasil Melimpah.


Demikian jargon marketing yang saat ini trend. Dulu, agar produk dikenal, berjuta-juta duit digelontorkan melalui iklan, di TV, radio atau baliho besar dipinggir jalan. Itu dilakukan secara besar-besaran dan terus menerus.


Namun, seiring dengan semakin banyaknya media, maka strategi itu menjadi tak begitu ampuh lagi. Contoh, berapa banyak stasiun TV yang ada sekarang. Dulu ketika sedikit, kita masih setia nonton ilklan, sekarang kalau ada iklan malah pindah chanel. Belum lagi dalam satu hari, berapa iklan yang menjejali ingatan kita, baik dari mata maupun telinga. Disamping itu, begitu banyaknya produk yang diiklankan sehingga kita tidak ingat lagi apa yang dipesankan iklan ke otak kita.


Ketika otak semakin dijejali, maka semakin lembam otak kita untuk mengingat. Bahkan sekarang, malas mengingat iklan sehingga saat kita membutuhkan sesuatu kita sering mencari referensi ke kawan terdekat kita. Jadi, Words of Mouth menjadi strategi marketing yang sangat berguna saat ini.


Selain itu, jika ada kesulitan, karena sudah banyak akses ke internet, tinggal tanya kepada mbah Google aja selesai.


Melihat fenomena tersebut, saya juga belajar bagaimana memasarkan produk dengan biaya marketing serendah mungkin. Harapannya dengan biaya rendah tersebut maka ongkos operasi juga rendah. Ketika ongkos operasi rendah kita dapat menjual produk ke pasar dengan harga bersaing.


Kunci dari marketing low budget ini ada pada kreatifitas dan jaringan. Maka, saya memaksimalkan online marketing selain membangun jaringan. Dengan melakukan serangkaian aktifitas kreatif, Alhamdulillah usaha yang saya kelola terus tumbuh dalam 2 tahun ini.


Sekali lagi, saat ini eranya Otak Kanan yang bermain. Dengan kreatifitas yang bagus, bukan tidak mungkin usaha yang saat ini seperti gurem, suatu saat akan seperti gajah. Amin.


Wassalam,




Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: