Friday, October 29, 2010

Menghindari Produk Tidak Laku


Beberapa kali kami meluncurkan produk. Rumus yang sering saya gunakan, start small & act now. Namun, seiring dengan perjalanan bisnis yang saya lalui, rumus itu saja tidaklah cukup. Ada rumus yang paling valid sebelum meluncurkan sebuah produk. Rumus tersebut adalah survey pasar.

Seringkali produk yang dilempar ke pasaran gagal diserap pasar karena konsumen tidak merespon produk tersebut. Akibatnya modal sudah terserap ke barang dan barang tidak berputar atau slow moving sedang biaya operasional harus terus diisi agar mesin tetap jalan.

Bagaimana menghindari hal tersebut ?
Sebelum meluncurkan produk, perlu dilakukan survey pasar dan analisa kelayakan. Jangan sampai produk diluncurkan hanya bermodal idealisme dan spirit saja.

Terkait inovasi, tidak ada yang melarang, namun saya sarankan, inovasi jangan bersifat radikal, tetapi lebih daripada menyempurnakan produk yang memang sudah teruji pasar. Produk yang terlalu inovastif seringkali perlu waktu untuk melakukan edukasi pasar, dan itu butuh biaya apalagi sebuah UKM, jelas akan mengganggu cash flow.

Cari produk yang memang teruji best seller agar perputarannya cepat. Bagi sebuah usaha kecil, perputaran adalah modal untuk menghasilkam cash adalah ibarat denyut jantung. Jadi fokuslah bagaimana agar produk yang diluncurkan bisa menjadi pemutar cash kita.

Nah, lebih baik survey dilakukan dengan benar sebelum eksekusi, karena kalau sudah dieksekusi ceritanya akan jadi panjang. Jadi, mari dekat dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan, karena dialah yang kita layani.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

1 komentar:

Bayu Dhian Sasongko said...

pesan ki hajar dewantro, resep speed up adalah 3N. Niteni, Nironi, Nambahi.

Jepang, Negara yang pernah luluh lantak di bom nuklir tahun 1945 bisa ngimbangin musuhnya Amerika disisi produk dan teknologi. In karena jepang meniru technologi. Jepang tidak perlu membuang Time dan Cost untuk riset cara pembuatan transistor, namun langsung ke cara bagaimana membuat barang elektroniknya.