Sunday, July 31, 2011

Resep Hidup Sehat ala Nabi


Beberapa hari yang lalu saya menjadi moderator bedah buku, judul buku tersebut "Rasululullah is My Dosctor" karya Jerry D Gray. Kebetulan yang membedah buku langsung oleh Jerry sendiri.

Ada beberapa hal penting yang saya catat terkait hidup sehat ala Nabi, atau dalam istilah medis Islam disebut Thibun Nabawi.

1. Jangan Gunakan Antibiotik
Seringkali kita sakit dan disolusi antibiotik oleh dokter sebagai penyembuhnya. Padahal antibiotik adalah obat kimia yang seringkali hanya meredakan rasa sakit dan tidak mensolusi penyebab timbulnya sakit. Mengkonsumsi obat kimia dalam jumlah banyak bisa menimbulkan rendahnya kekebalan tubuh terhadap penyakit. Solusi yang paling baik, carilah obat-obat alami untuk menyembuhkan, semisal madu, habatusauda, zaitun dan herbal lainnya. Boleh jadi reaksinya lebih lambat dibanding antibiotik, tetapi itu membangun imunitas tubuh terhadap penyakit.

2. Hindari Makanan Instan
Mie, fast food dan soft drink boleh jadi enak dilihat, tapi dalam jangka panjang bisa meruntuhkan keehatan kita. Pencernaan dan ginjal seringkali bermasalah saat kita mengkonsumsi fast food dan soft drink. Bahkan saya sering menemui, orang yang gemar minuman suplemen ginjalnya hancur. Makanlah makanan asli bukan makanan buatan.

3. Mengunyah Makanan
Seringkali karena kita terburu-buru saaat makan tidak jenak. Yang terjadi adalah makan masuk mulut tanpa mengunyah cukup dan langsung masuk lambung. Kurangnya mengunyak menyebabkan usus bekerja keras mencerna makanan. So, bantu dengan gigi kita untuk melembutkan makanan dan memproduksi air liur.

4. Pola Makan
Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Ini termasuk aturan yang cukup sulit, biasanya kalau sudah makan enak sulit berhenti.

6. Jaga Makan Malam
Terlalu banyak makan malam tidak baik bagi kesehatan. Jangan sampai waktu istirahat, perut justru bekerja keras mencerna makanan. Konon, makan banyak sebelum tidur bisa menyebabkan diabetes. Seringkali orang panjang umur saat makan malam dengan buah dan makanan yang tidak membebani pencernaan.

7. Hindari Vitcin
Vitcin atau penyedap rasa memang bikin enak dilidah, tapi tak bersahabat bagi kesehatan. Jerry menjelasakan vitcin sebagai salah satu penyebab kanker. Saat ini kita sering mendengar begitu banyak orang meninggal karena kanker, padahal jaman nenek moyang kita jarang kita dengar penyakit ini.

8. Hindari Vaksin
Vaksinasi sebagai alat untuk membentuk kekebalan tubuh ternyata tidak semuanya benar. Untuk hal ini saya punya pengalaman. Anak saya pernah saya vaksi BCG atau anti TBC saat masih bayi, yang terjadi malah anak saya terserang flek diparu-parunya. Feeling saya, vaksin inilah yang menyebabkan penyakit tersebut.

9. Rajin Olahraga
Asupan makanan dengan kandungan gizi melimpah harus dibakar dengan aktifitas yang cukup. Kebanyakan energi karena makanan dan tidak dibakar bisa menjadi salah satu sumber penyakit. Jadi penyakit tidak hanya disebabkan oleh kurang gizi, tetapi kelebihan gizi dan tidak dibakar bisa menimbulkan penyakit.

10. Makanlah Makanan Sebenarnya
Agar tubuh kita sehat, makanlah makanan sebenarnya seperti makanan nenek moyang kita. Jangan dimakan apa yang tidak dimakan oleh nenek moyang kita. Makanan sekarang banyak sekali campuran kimianya, jadi makanan seperti sayur mayur dan sejenisnya jauh lebih sehat dibanding makanan fast food yang dikemas rapi dan rasanya menggoda lidah.

11. Spiritual
Prof. Sholeh menjelasakan betapa penting kesehatan spiritual terhadap kesehatan fisik. Banyak sekali orang jatuh sakit karena gangguan psikis. Boleh jadi kondisi tubuh sehat, makanan bergizi cukup, namun karena kondisi psikis berupa kesedihan, permasalahan hidup yang pelik atau terkena musibah sehingga menggoncangkan sendi-sendi jiwanya dapat menghantarkan tubuh menjadi sakit. So, selalu dekatlah pada Allah SWT.

Semoga menginspirasi kita untuk hidup sehat.

Wassalam,


Amir Fauzi

2 komentar:

Aktivis Kesehatan said...

info yg bermanfaat gan ... tengs ...
liat juga Zat aditif dan status halal pada makanan

Aktivis Kesehatan said...

ijin share juga y gan ::
Junk food pemicu utama kanker