Tuesday, September 20, 2011

Memulai Investasi Emas

Sebenarnya sudah lama kepengin ikut investasi emas. Tapi karena membutuhkan uang dingin maka sampai hari ini belum sempat invest. Ada beberapa kawan mendorong saya untuk invest sehingga saya memborong beberapa buku terkait dengan investasi emas.

Setelah saya pelajari, mulai dari kebun emas dan buku-buku investasi emas, saya cenderung lebih cocok dengan konsep hedging (mengamankan) modal dari inflasi. Mengapa demikian, salah satunya saya selalu butuh cash sebagai aliran darah dalam bisnis saya, karena bisnis yang saya geluti membutuhkan cash segar.

Setelah saya timbang nampaknya bagi pengusaha lebih tepat mengambil jalur gadai. Berikut ilustrasinya, dalam bisnis kita tidak bisa lepas dari uang cash, seandainya uang cash kita investasikan ke emas maka usaha tidak akan jalan. Solusi dari hal tersebut kita gunakan gadai. Cash operasional bisnis yang ada dibelikan emas selanjutnya digadaikan. Uang gadai digunakan untuk operasional bisnis.

Keuntungan dari skema ini adalah, bisnis tetap jalan dan modal terlindungi dari inflasi serta mendapatkan capital gain dari kenaikan harga emas. Ilustrasi singkatnya sebagai berikut :

Misal modal Rp. 55 jt
Beli emas dapat 100 gram
Digadaikan dapat 90% x 55 jt
atau sekitar 50 jt
Biaya gadai dalam satu tahun sekitar 13.5%
Andai kenaikan emas pertahun min 20%

Maka ada capital gain sebesar 20% - 13.5% = 6.5%

Dengan asumsi sederhana tersebut maka modal kita terlindungi dengan kenaikan 6.5% dan bisnis tetap berjalan.

Nah, rencana inilah yang lagi saya pikirkan, sembari menjalankan bisnis juga melakukan investasi.


Wassalam,
Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga

0 komentar: