Saturday, January 14, 2012

Bisnis Web Programmer Apa Kabarmu ?

Sebagai seorang yang pernah mencicipi jadi web programmer dengan berkutat dengan PHP sebagai bahasa pemrograman web yang paling saya gandrungi, saya melihat ada fenomena menarik sebagai profesi web programmer.

Fenomena tersebut adalah berkembangnya CMS (Conten Management System) seperti wordpress, drupal, joomla, magento dan sejenisnya.

Perkembangan CMS secara perlahan menggusur profesi web programmer secara perlahan tapi pasti.

Jaman dulu, sebuah instansi jika ingin membuat web maka memerlukan programmer untuk mendesain dan membuat webnya. Kini, mereka secara perlahan asyik masuk dengan menggunakan CMS yang jauh lebih mudah, praktis dan banyak supportnya.

Migrasinya pelanggan ke arah CMS, tentu menganggu ladang web programmer yang dulu sangat penting fungsinya.

Kini, dengan semakin sempitnya peluang web programmer karena pergeseran CMS ini, maka web programmer menjadi sesuatu yang ekslusif. Karena mengerjakan proyek2 yang bersifat customize atau program yang diminta secara khusus oleh customer.

Melihat kondisi ini, bagaimana mensikapinya..

Menurut saya, web programmer harus ikut arus perubahan dengan masuk kedalam perkembangan arus CMS. Menurut saya masih ada peluang dengan melalukan customization CMS akan membuat web programmer peranannya akan menguat kembali.

So, mari berdekat-dekat dengan wordpress, joomla, drupal dan sejenisnya.
Peluang masih terbuka lebar.


Salam,



Amir Fauzi
www.bursajilbab.com
Bisnis Jilbab Tidak Ada Matinya

0 komentar: