Saturday, January 14, 2012

Konsep Bisnis Long Tail

Era bisnis long tail sudah mulai kita rasakan. Awalnya konsep Long Tail di sampaikan oleh Chris Anderson dalam bukunya.

Sebelum mengenal lebih jauh, apa yang disebut Long Tail atau si Ekor Panjang.

Secara sederhana, saya menerjemahkan long tail sebagai berikut .

1. Banyaknya pilihan
Dulu orang memakai baju ber merk dan sama model dan jenisnya menjadi trend. Misal, kita akan bangga jika menggunakan brand terkenal dsb. Kini telah bergeser, orang cenderung ndak mau disamakan, ia ingin beda. Contoh, penggemar Harley ndak mau pake kaos penggemar Scooter dll. Jadi konsepnya orang kepengin beda dengan yg lain dan diakui keberadaannya.

2. Kemudahan Mencari
Dulu saat banyak produk dimonopoli perusahaan tertentu sehingga tak ada pilihan, sekarang ndak lagi, semua orang bisa berbisnis sehingga punya banyak pilihan. Apalagi didorong dengan adanya internet, dengan menyebut di google, sudah banyak pilihan yang didapatkan.

3. Mudahnya Mendapatkan
Semakin berkembangnya teknologi internet, semakin mudah saja kita mendapatkan apa yang kita cari. Bahkan sampai ke pelosok. Kalau dulu, kalau kita menginginkan sebuah produk, harus ada agen penjualan dulu di daerah tersebut, kini dengan adanya banyak pilihan dan kemudahan proses pengiriman barang semakin mudah saja mendapatkan barang yang kita inginkan.


Nah, bagaimana prakteknya dalam bisnis sehari-hari dengan era long tail ini.
1. Beri banyak piliha kepada pelanggan, semisal konsep distro, jika seandainya stok 100 pcs, maka bikin 20 model dengan permodel 5 item daripada 20 item dengan model 5 jenis.

2. Mudahkan Pelanggan mencari lewat internet, baliho, atau petunjuk dengan meninggalkan jejak agar pelanggan mudah mendapatkannya.

3. Permudah transaksi, jangan berbelit-belit. Keep it simple stupid, KISS. Bisnis yang berbelit-belit mudah ditinggalkan pelanggan. Pelanggan butuhnya cepat, murah dan bermutu.

Selamat menerapkan konsep long tail.
Dalam konsep ini, terdapat fenomena meluruhnya perusahaan besar dan berpeluangnya perusahaan kecil untuk mengambil kuenya.

Salam Long Tail,



Amir Fauzi
Owner
Pusat Aksesoris Jilbab Berkualitas



0 komentar: