Monday, January 16, 2012

Peluang Bisnis Jilbab Masih Prospektif

Diantara peluang bisnis fashion yang menggembirakan diantaranya adalah bisnis jilbab. Alasannya cukup simpel :
1. Segmen pasar cukup besar, karena mayoritas negeri ini muslim
2. Kesadaran relijius secara umum meningkat
3. Banyaknya endorser mulai dari sinetron reliji, film dan artis yang kemudian menggunakan jilbab
4. Kesadaran muslim kelas menengah meningkat
5. Harganya ada dalam range low - high consumer

Setidaknya lima hal tersebut yang kemudian mendorong usaha jilbab terus berkembang pesat. Tidak dapat dipungkiri, semua itu didorong oleh life style dan tingkat konsumsi yang sangat tinggi.

Terkait life style, ada perubahan drastis, kalau dulu orang membeli barang yang bagus dan awet, kini para wanita membeli perubahan lebih ke arah fashionable, biar murah asal matching dan bisa ganti-ganti model. Hal inilah yang mendorong permintaan permintaan model jilbab baru terus meninggi.

Konsep jilbab saat ini mirip dengan konsep distro, limited edition. Bisnis ini didorong oleh kreatifitas daripada harga. Sehingga daya saingnya lebih pada kemampuan pengrajin jilbab untuk membikin model baru, terus dan terus.

Dari sisi daya beli, harga jilbab relatif murah dan dalam jangkau konsumen. Sehingga orang membeli jilbab tidak seperti membeli baju atau sepeda motor yang harus dipikirkan matang, karena harganya relatif tinggi.

Harga jilbab sekarang sangat bersaing, sehingga konsumen dalam melakukan pembelian tidak banyak pikir panjang. Yang penting cocok, matching dan model baru pastilah tanpa pikir panjang akan diambil konsumen.

Karakter inilah yang mendorong lahirnya banyak pengrajin jilbab. Oiya satu lagi, kenapa banyak garmen yang masuk usaha jilbab, salah satunya ada unsur kerajinannya sehingga produk ini masih selamat dari incaran produk China walaupun sekarang telah mulai membajiri negeri ini.

Produk-produk komoditi macam celana, koko atau baju umumnya sudah kalah bersaing dengan China, karena memang modelnya statis.

Nah,
Kedepan yang menentukan dalam industri fashion ini adalah keunikan dan kreatifitas. Selama kita memiliki dua hal ini, rasanya masih berpeluang bersaing dengan industri garmen China.

Masih ragu bisnis jilbab ?

Salam,



Amir Fauzi
Owner
www.jilbabfatta.com
Always Update !

0 komentar: