Friday, November 30, 2012

Menjaga Mesin Uang Tetap Berjalan















Hari ini diskusi dengan seorang pengusaha property kawakan. Ide-idenya luar biasa dan menghasilkan banyak mesin uang. Sangat rasional dan brilian. Diskusi setengah jam ini, benar-benar menyegarkan dan saya pengin share dari apa yang saya diskusikan ini agar anda menikmati juga semerbak ide-idenya.


Diawal sekali dia bilang, bisnis itu baru teruji ketika sudah berumur 5 tahun, sebelum usia itu belum bisa diuji apakah bisnis ini bisa survie atau tidak. Logis dan cocok, karena hanya sedikit sekali usaha yang mampu berumur 5 tahun. Dari survey, kira-kira hanya 5-10 persen saja yang mampu bertahan dalam 5 tahun, selebihnya tumbang dan terkubur.

Statmen berikutnya, anda harus punya cash flow, karena cashflow itu adalah modal untuk mengembangkan usaha. Tanpa cashflow yang kokoh anda mustahil melakukan ekspansi bisnis. Oleh karena itu, penting menjaga mesin uang kita agar mengucur deras setiap saat sebagai modal mengembangkan usaha.

Bisnis-bisnis yang besar, selalu diawali dengan satu bisnis sukses yang menopang pengembangan usaha berikutnya. Kalau kita rincikan banyak banget contohnya, mulai dari Liem Sio Liong, Ciputra, Om William hingga Chairul Tanjung. Berawal dari trading kelontong kemudian berkembang biak kemana-mana.

Oleh karena itu, penting banget menjaga dan merawat mesin uang kita. Jaga, kembangkan dan lindungi agar jangan sampai layu, ketika dia layu, maka bisnis-bisnis lainnya bisa goyang.

Kunci untuk menjaga cashflow salah satunya adalah fokus pada core bisnis atau bisnis inti. Untuk tahap awal, kita perlu membangun bisnis pertama sedemikian kokoh, baru kita bisa berpikir mengembangkan bisnis dilini-lini lainnya.

So,
Selamat menjaga cashflow anda.


Amir Fauzi
Owner
Pusat Kaos Polos Bandung

0 komentar: