Wednesday, January 02, 2013

Ilmu Bisnis Itu Selalu Ada yang Baru

Kawan-kawan pengusaha konveksi saya sering bilang, bisnis semakin sulit, omset saya turun, karyawan saya kabur dan macam-macam yang intinya adalah ada penurunan bisnis. Dalam ilmu pernagaan China bisnis naik dan turun itu adalah hal biasa ibarat air laut yang lagi pasang atau surut.

Masalahnya adalah, jika penurunan itu berlangsung dengan trend terus menerus, pastilah harus waspada. Itu tandanya bisnis yang digeluti lagi sakit. Salah satunya penyebab penyakit dalam bisnis adalah cara berbisnis kita yang telah usang atau tidak update lagi dengan derasnya perubahan bisnis.

Ada banyak contoh, dulu maskapai tertentu meraup untung dengan sistem monopoli, ketika kran monopoli berakhir maka terseok-seok dan tumbang. Kenapa, karena tidak mengubah gaya bisnisnya. Berikutnya, tumbangnya toko-toko kelontong dengan hadirnya toko modern franchise dengan sistem jaringan distribusi yang kuat. Tumbangnya angkutan laut dengan transportasi udara. dan sebagainya, dan sebagainya.

Perubahan lingkungan bisnis terus berlangsung. Bagi seorang pebisnis harus terus mengupdate dengan sistem-sistem baru. Mengapa, karena sistem-sistem baru secara umum akan membenahi kekurangan-kekurangan dari sistem lama yang usang, sehingga memberikan cara-cara baru dan nilai baru bagi pelanggan. Sehingga memaksa pelanggan lama berpaling kepada pebisnis baru yang memberikan layanan lebih.
Melihat fenomena seperti ini, darimana kita berubah !

Saya lebih cenderung, pertama kali yang mesti dirombak adalah otak bisnis kita sendiri. Sulit rasanya mengubah karyawan dan orang lain sebelum kita berubah. So, perlu sekali memberi konsumsi otak kita dengan memahi pola-pola bisnis baru sehingga otak kita terprogram dan mengatakan yes, kita mesti berubah.

Selanjutnya, desain ulang sistem bisnis kita. Tidak mungkin terjadi perubahan hanya dalam pikiran saja tanpa action. Setelah pikiran kita terbarukan, baiknya dilanjutkan dengan melakukan eksekusi nyata untuk memperbaharui sistem bisnis yang kita punya.

Demikian dilakukan terus menerus sehingga kita memang akrab dengan makluk yang disebut perubahan.
Salam perubahan,

Amir Fauzi
Founder
www.distroacademy.com | Sekolahnya Pengusaha Kaos Distro
www.gesut.com | Tempatnya Bikin Kaos Keren

0 komentar: