Friday, April 19, 2013

Rahasia Cara Menjadi Kaya ala Amerika

Beberapa hari yang lalu saya masuk toko buku, suatu kegemaran yang ndak bisa saya tolak. Setelah masuk hunting bukupun saya lakukan. Seperti biasa, sambil bawa tas punggung mata jelalatan kesana kemari barangkali ada buku yang enak dibaca.
Ndak tahu kenapa, saya ambil buku Get Rich, Stay Rich, Pass it On.
Intinya buku ini menjelasakan bagaimana cara menjadi kaya, tetap kaya dan meninggalkan warisan bagi penerusnya. Dalam 1 hari saya mencoba melahap buku yang lumayan tebal tersebut.
Setelah saya baca, maka inti sari dari buku yang didasarkan pada penelitian ribuan orang kaya tersebut sebagai berikut :
1. Investasi di Bisnis Inovatif
Investasi ini bisa berupa mendirikan bisnis inovatif, bisa juga bekerja di dunia bisnis ataupun menjadi pemegang saham dalam bisnis inovatif. Mengapa bisnis inovatif, salah satu alasannya adalah memiliki value yang lebih tinggi daripada bisnis konvensional. Berapa besar mereka alokasikan untuk investasi bisnis inovatif, rangenya sekitar 25-30% dari total aset yang dimiliki.
2. Investasi di Property
Berikutnya, orang kaya Amerika dari hasil survey mereka menginvestasikan uangnya kedalam property, terutama pada property yang menghasilkan. Hampir semua orang kaya di Amerika selalu memiliki property-property terbaik sebagai penjamin penurunan nilai aset. Jadi kalau kita mau kaya, jangan lupa banyak-banyaklah investasi di sektor property yang produktif. Alokasi investasi property dalam kisaran 25-30%
3. Investasi di Saham
Perilaku orang kaya Amerika berikutnya adalah mereka investasi dalam sektor saham mulai dari obligasi, reksadana sampai pada kepemilikan saham. Portofolio investasi ada di kisaran 25-30%
Setidaknya ada 3 instrumen diatas yang dilakukan mayoritas orang kaya Amerika. Secara umum mereka tidak konsumtif, justru memasukkan uang mereka kedalam instrumen investasi agar berkembang dan menjadi proteksi kekuatan finansial mereka.
Bahkan, untuk hal-hal lain selain tiga hal diatas, mereka alokasikan relatif kecil antara 5-10 % saja. Sehingga akumulasi aset mereka dari tahun ketahun terus meningkat pesat.
Bagaimana dengan Anda ?
Tertarik menjadi kaya ala Amerika ??
Amir Fauzi
Owner
Mudah Berhijab

1 komentar:

bayu dhian said...

yang ini hasil riset
http://catatanbayu.blogspot.com/2012/03/daftar-jenis-bisnis-orang-terkaya-dunia.html