Thursday, September 11, 2008

Peta Suplier Grosir Busana Muslim Jakarta

Orang kenal, pusat grosir baju muslim itu di Tanah Abang atau Cipulir Jakarta. Namun demikian, jarang orang tahu darimana sejatinya baju limahan baju muslim itu dipasok.

Kalau saya track, pasokan busana muslim di Jakarta, banyak didominasi dari luar Jakarta. Sebut saja yang saya pahami Bandung atau Tasikmalaya. Dua kota ini banyak mendominasi busana muslim, mulai dari Abaya, Gamis, Baju Anak sampai Jilbab.

Segmen yang dibidik dari dua kota ini adalah level menengah dan bawah. Untuk level menengah, umumnya sudah ada brand tersendiri dan untuk kelas bawah biasanya tanpa brand.

Harga yang ditawarkan sangat bersaing, mengapa ? Karena dua kota ini relatif memiliki keunggulan masing-masing. Bandung, dikenal sebagai pusat tekstil. Sebut saja jalan Oto Iskandar Dinata dan Jalan Tamim, sekitar Pasar Baru, dengan kedekatan produsen tekstil maka harga dapat ditekan.

Kemudian untuk kota Tasik. Kota ini bukan pusat tekstil, tetapi dari sisi biaya tenaga kerja relatif murah, apalagi tingkat kreatifitas dan kerajinnannya sangat tinggi. Tidak salah jika sebagian pengerjaan payet jilbab produksi Bandung dikerjakan di Tasik.

Hal lain yang ingin saya sampaikan, di Bandung banyak makloon, yang mengerjakan pesanan dari pengusaha garmen Jakarta. Brand dipegang oleh pengusaha Jakarta, sedang di Bandung hanya mengerjakan proses produksi saja. Nah, dengan beberapa fakta yang saya temukan, saya berkesimpulan, garmen Jakarta banyak disupply oleh garmen produksi Bandung dan sekitar Jakarta. Dan tidak hanya terpusat di Pasar Tasik Tanah Abang.

Demikian, semoga bermanfaat sharing ini.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner http://www.grosirbagus.com
Grosir Busana Muslim Bandung
Koko, Gamis, Abaya, Jilbab & Baju Muslim Anak

0 komentar: