Monday, December 29, 2008

5 Rahasia Kesuksesan

Saya kembali tersengat ketika membaca dalam satu halaman buku Organization Excellence nya Dr. Vincent Gastperz. Dia sebutkan bahwa ada 5 pinsip sebagai seorang winner untuk mencapai kesuksesan.

Berikut ini prinsipnya dan Anda bisa mencobanya. Saya yakin akan terasa bedanya.

1. Mereka Menetapkan Tujuan
Dalam Seven Habbits nya Stephen Covey dia sebutkan “start from the end” mulailah dari goal Anda. Orang atau organisasi jika tidak pernah menentukan tujuan/goal/sasaran niscaya ridak tahu kemena mereka akan bergerak. Sangat simpel tapi seringkali dilupakan orang apalagi yang berpaham jalani hidup layaknya air mengalir. Kesuksesan seringkali tercipta ketika momentum datang disertai dengan kesiapan kita menyambutnya. Tanpa adanya tujuan, seringkali momentum lewat begitu saja. Jadi, aturan pertama, kita harus menetapkan GOAL

2. Mereka Fokus pada Tujuan
Kita ini bukan seorang Superman atau Superstar. Waktu kita teramat sedikit untuk mengerjakan banyak hal. Kemampuan kita juga teramatt minim untuk mengerjakan semua pekerjaan dalam hidup ini. Juga konsentrasi kita teramat cair untuk fokus dalam banyak hal, meskipun keinginan hati selalu ingin semuanya kita capai. Jadi gunakan prinsip Pareto 80/20. Prinsip prioritas. 20% menghasilkan 80%. Fokuskan pada nilai keunggulan diri dan jangan berfokus pada kelemahan diri. Berfokus pada kekuatan yang kita miliki jauh lebih efektif daripada membenahi sisi-sisi lemah kita. Jadi pertajam terus kekuatan diri hingga meruncing yang akhirnya memberikan value added dan nilai kompetitif. Bersiaplah untuk gagal jika Anda ingin mengerjakana semua bisnis jika hanya punya kemampuan ala kadarnya. Fokuslah pada goal Anda

3. Mereka Memiliki Ketetapan Hati untuk Mencapai Goal
Ini intisari dari kata ulet dan sabar. Jika menekuni suatu bidang, tentu akan kita temui berbagai kendala, tetapi tetap bersabar dan ulet mensolusi setiap permasalah. Dengan mensolusi masalah maka kita akan naik kelas lebih tinggi dalam bidang yang kita tekuni. Disinilah kita diuji untuk menaiki tangga-tangga kesulitan, semakin tinggi semakin tinggi pula tingkat kesulitannya. Yakinlah, setelah ada kesulitan, pasti ada kemudahan. Semakin anda fokus, semakin kecil kompetitor Anda, karena memang semakin sedikit player yang bermain dan hanya orang yang diberi endurance tertentu saja yang mampu bertahan.

4. Mereka Berfokus Pada Mensolusi Masalah
Ketika disekelilingnya banyak orang berkeluh kesah dengan banyak hal, seorang winner mengambil sisi yang tidak umum. Mereka selalu melihat dari sisi solusi dan peluang. Mereka tidak bersekutu dengan orang yang selalu mempermasalahkan setiap kehidupannya. Mereka tidak mempermasalahkan situasi dan kondisi tetapi selalu mengkondisikan diei pada situasi yang tepat untuk mensolusi sebuah masalah.

5. Mereka Menolak Berhenti dan Mengubah Tujuan
Bagi seorang winner, saat menemui kendala mereka tidak berkompromi dengan godaan untuk mengubah goal dan cita-citanya. Ini seringkali kita lihat, orang pengin punya bisnis, lantas membuat suatu usaha, ketika usahanya naik turun mereka berganti bisnis, dan terus begini ketika menghadapi kesulitan di setiap bisnisnya. Ketiadaan istiqomah menyebabkan bisnis tidak pernah besar. Karena besarnya usaha ibarat sebuah tanaman, sedari bibitnya sampai berbuah perlu usaha ekstra untuk memeliharanya. Jangan bermimpi memiliki usaha besar kalau hanya sekedar menyemai benih tanpa mau memeliharanya, walau benih itu benih yang bagus. Ia tak akan memberikan hasil yang optimal.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: