Wednesday, January 28, 2009

Membuat Visi dan Misi Perusahaan

Saya terinspirasi banyak dengan membaca beberapa annual report dari perusahaan-perusahaan besar. Prinsipnya, jika pengin usaha maju, maka tetapkan visi yang jelas dan terukur.

Visi dapat disederhanakan sebagai suatu goal, capaian atau sasaran yang ingin kita capai. Nah, cara-cara untuk mencapai visi tadi dirumuskan dengan apa yang disebut misi. Saya lihat, dua hal pokok ini yang harus ada jika usaha ingin tumbuh besar.

Sebuah visi, bisa lahir dari sebuah mimpi, dream. Temen saya bilang, kalau mimpi, jangan nanggung-nanggung, cari mimpi yang besar, wong mimpi besar dan kecil sama aja. Rugi kalau mimpi yang nanggung. Gratis !

Visi ibarat sebuah goal, bisa dibayangkan kalau kita berkutat ngurusi operasional bisnis tanpa tahu, mau kita bawa kemana bisnis ini. Dalam Islam, bisa dikenal dengan nawaitunya, niatnya. Jika goalnya nggak jelas, ibarat air mengalir, itu tanda-tandanya usaha nggak akan bisa tumbuh mengesankan. Ibarat orang mau pergi, nggak jelas mau kemana.

Untuk mencari visi saya sering mengungsi biar saya bisa tahu big picture usaha yang saya geluti. Kalau nggak begitu, terlampau dekat dengan operasional, bisa blur. Kemudian, saya urai mimpi itu secara totalitas. Saya bayangkan perusahaan-perusahaan besar yang sudah eksis puluhan tahun. Dan saya renungkan, bagaimana mereka mencapai capaian-capaian yang luar biasa. Dari situ saya turunkan lagi agar lebih membumi.

Baru, setelah ada visi, selanjutnya adalah membuat misi. Bagaimana menjangkau visi atau mimpi yang telah kita tetapkan agar lebih terukur.

Setelah perenungan tersebut, menghadapi 1 tahun Grosirbagus, saya telah menetapkan beberapa resolusi, mumpung permintaan produk lagi tidak banyak. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk benah-benah manajemen Grosirbagus.

Berikut ini beberapa langkah yang akan kami lakukan :

1. Transformasi dari trading ke production
2. Transformasi dari company ke orkestrasi jaringan
3. Transformasi dari komoditas ke branding
4. Transformasi customer care
5. Transformasi global strategy

Goal dari lima langkah diatas adalah untuk mewujudkan GB sebagai sebuah Moslem Clothing Industries yang kompetitif di Bandung tahun 2010.

Berikut ini branding yang mulai kami kerjakan :
- Busana Muslim Anak dengan brand WAFANA www.bajuwafana.com
- Busana Muslimah dengan brand IZZATI www.busanaizzati.com
- Jilbab dengan brand KAMILA www.bursajilbab.com
- Kaos Muslim dengan brand REVOLTA

Inilah fokus kami di tahun 2009. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keberkahan serta menjadi amal ibadah kami.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

3 komentar:

Namaweb.blogspot.com said...

bagus, semua orang punya kesempatan yang sama. Akan aku liat apakah sang penulis sudi berkunjung ke blogku yang masih newbis
www.egaliter.co.cc

liat aja ah. Saya yakin Silaturahmi lebih penting dari sekedar.........

Mari jalin PEDULI, alangkah indah kita saling mengenal, selanjutnya terserah Anda

www.egaliter.co.cc

etalaseku said...

saya terkesan dengan pengalaman berusaha anda sebagai ilmu akan saya jadikan masukan . saya juga baru akan merintis usaha dalam hal ini saya membuat songkok haji.sudilah kiranya anda memberikan sedikit saran atau apasajalah di www.etalaseku-etalaseku.blogspot.com

Tugiyono Web said...

bagus sekali paparan dan plening saudara dalam merencanakan perusahaan tapi saudara apakah sudah mendapatkan hasil dari perencanaan bisnis perusahaan tersebut. saudara http://saham-valas.blogspot.com/ sungguh sangat berkesan tulisan saudara dalam mengembangkan bisnisnya. mohon sumbang klik iklan dalam rangka saling membantu terima kasih.