Wednesday, June 17, 2009

Dari Entrepreneur Menuju Leader

Ini yang saya lalui ketika merintis bisnis dan bisnis itu kemudian bertumbuh. Ketika awal mula bisnis, saya terlibat mulai dari mencari gagasan bisnis, kemudian meng-eksekusi dan kemudian menumbuhkan bisnis.

Nah, yang saya catat, ada perubahan-perubahan kerjaan yang saya amati. Semula, ketika saya merintis bisnis yang dibutuhkan adalah ide bisnis dan cara mengeksekusinya. Ini adalah murni tugas-tugas entrepreneur.

Nah, setelah usaha tumbuh, dengan sendirinya tugas-tugas mulai dari marketing, operasi, keuangan dan sdm tidak lagi dapat saya kerjakan sendiri. Kita membutuhkan orang lain untuk bertumbuh.

Kalau dulu saya dapat mengerjakan dari awal sampai akhir, kini tugas itu tak dapat saya lakukan, karena pertumbuhan usaha. Karena perubahan tersebut, tentu membutuhkan perubahan prilaku saya.

Kalau dulu saya mengelola usaha sendirian kini dengan banyak orang. Nah, disini perlu lagi skills yang lebih luas. Apa skills itu, skills itu bernama leadership.

Kita harus melakukan migrasi dari memanage diri menjadi memanage orang. Ini butuh skills, banyak sekali entrepreneur bisa bekerja sendirian, tetapi banyak juga tidak dapat bekerja secara tim.

Buat Anda yang ingin bertumbuh, setelah belajar jadi entrepreneur, belajarlah juga jadi leader yang baik. Ini perlu proses belajar.

Demikian,
Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: