Tuesday, August 25, 2009

Orkestrasi Jaringan Bisnis

Orkestrasi jaringan adalah trend baru untuk memberikan nilai maksimal kepada pelanggan. Contoh kongkrit tentang orkestrasi jaringan adalah pembuatan pesawat Boeing Amerika yang merupakan saingat Air Bus yang berbasis di Eropa. Prinsip dari orkestrasi jaringan adalah bagaimana memberdayakan jaringan untuk membuat sebuah produk yang memiliki daya saing.

Sebagai contoh, Komponen Boeing terdiri dari jutaan elemen, nah setiap elemen itu dibuat di seluruh wilayah di dunia. Ada dari Boeng sendiri, ada yang dari industri domestik ada yang dari lintas benua, sebut saja Jepang, Korea, Afrika, dan beberapa negara Eropa. Semua komponen itu dirakit sedemikian rupa maka jadilah pesawat Boeing yang sering kita naiki.

Nah, dalam industri garmen pun juga demikian umumnya. Mulai dari penanaman kapas sebagai bahan dasar banyak di suply dari Texas Amerika. Kemudian dipintal menjadi benang di negara ketiga. Diolah menjadi rajutan kain. Selanjutnya dicelup untuk pewarnaan. Maka jadilah bahan jadi. Apakah kemudian selesai, jawabnya belum. Hasil bahan akan diolah menjadi pakaian melalui proses pemotongan, penjahitan, finishing dan pemaketan. Sangat panjang prosesnya.

Nah, untuk mencari resource yang optimal, maka setiap proses bisa dilakukan secara subkontrak, outsource atau off shoring. Nah, bagaimana menggerakkan sebuah jaringan untuk membuat produk itulah disebut orkestrasi jaringan. Orkestrasi jaringan kini dan mendatang akan menjadi penentu apakah produk yang dibuat memiliki daya saing atau tidak.

Kini, tidak lagi kita mampu bersaing dalam bentuk integrasi vertikal. Karena dengan perkembangan Internet, semua sup proses bisa dilakukan dibeberapa wilayah atau negara. Jadi kemampuan orkestrasi jaringan kedepan menjadi hal penting dalam memenangkan kompetisi.

Saat ini, saya sedang belajar dan belajar menciptakan orkestrasi jaringan dengan sebuah harapan mampu menciptakan produk yang memiliki daya saing.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: