Saturday, November 21, 2009

Agar Bisnis Selalu Panen Setiap Bulan

Merujuk pengalaman selama hampir dua tahun mengelola usaha garmen muslim, dimulai dari jualan retail, kemudian masuk grosir dan lantas melakukan produksi, ibarat sebuah perjalanan, makin kita selami belantara, makin tahu detil hutan yang ada.

Bisnis garmen muslim, mayotitas produk bersifat musiman. Saat menjelang lebaran, booming hampir semua produk terjadi, tapi begitu lebaran lewat maka terjadi penurunan drastis.

Bagaimana mensikapi hal tersebut ? sebagai seorang pebisnis, tentu kita pengin selalu panen setiap bulan, dan tidak hanya tahunan. Salah satu hal penting, selain mempelajari produk yang fast moving, usualy & slow moving, mempelajari musim adalah sangat penting. Mengingat salah satu kunci bisnis adalah turn over. Perputaran uang, disinilah bagian merchandishing dan inventori begitu memegang peranan penting.

Jangan sampai barang terlalu lama numpuk digudang sehingga berpengaruh pada kesehatan cash flow dan kualitas barang.

Seorang pengusaha garmen muslim dituntut kemampuan membaca trend produk, semisal, saat akan menghadapi puasa, maka produk baju muslim anak, koko, sajadah, kopiah akan meningkat tajam. Dan saat paska lebaran akan menurun drastis berganti dengan kebutuhan haji. Demikian berikutnya, dan berikutnya. Harus memiliki kalender produk.

Beruntung sekali jika kita menemukan produk yang tidak kenal musim, yang selalu panen dan tidak banyak bergoyang seiring bergantinya bulan.

Kunci agar bisnis tetap hidup, stok fast moving semaksimal mungkin. Dan baca trend produk yang sedang dibutuhkan. Sebagai seorang pebisnis, dituntut mampu mensuply kebutuhan kaum muslimin. Semoga ulasan ini memberi inspirasi bagi pengusaha muslim lainya.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: