Friday, October 29, 2010

Pengelolaan Sistem Mutu Produk


Quality, Cost, Delivery & Innovation atau sering disingkat QCDI adalah basis dari pengelolaan mutu unggul sebuahh produk. Agar produk mampu bersaing, setidaknya prasyarat QCDI dapat dijadikan acuan. Apa itu QCDI

1. Quality
Adalah bagaimana kita tetap bisa menjaga mutu produk sesuai dengan harga yang kita jual. Pelanggan yang terpuaskan dengan mutu produk akan menjadi loyal terhadap produk kita. Produk abal-abal hanya menciptakan pembelian sekali saja sesudah itu pelanggan akan kabur. Jadi komitmen menjaga mutu adalah komitmen jangka panjang agar secara terus menerus pelanggan loyal dengan produk yang diluncurkan.

2. Cost
Selain itu, harga juga menjadi factor penting apalagi untuk warga RI dimana sangat sensitive harga. Agara usaha langgeng, hendaknya tidak mengambil untuk terlampau tinggi, sebab kalau terlalu tinggi pelanggan tidak akan melakukan pembelian berulang, apalagi harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga produk pesaing.

3. Delivery
Adalah bagaimana agar produk bisa didistribusikan dengan cepat, mudah dan murah. Setelah dilakukan pembelian, bagaimana secepatnya pelanggan mendapatkan barang tersebut tanpa harap-harap cemas, apakah barang sampai atau tidak sesuai dengan uang yang dibelanjakan.

4. Innovation
Agar produk kita tidak menjadi komoditas dan akhirnya berdarah-darah bersaing dengan produk sejenis, maka perlu melakukan inovasi agar produk kita berbeda dengan pesaing, sehingga tidak terjadi perang harga. Dengan produk yang berbeda, maka harga bisa dibedakan dengan pesaing.

Demikian inspirasi yang saya dapat dari bagaimana Astra Internasional mengelola system mutu di perusahaannya.

Wassalam,


Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga
=======================================
www.bursajilbab.com : Grosir Jilbab Super Murah
www.bajubayimurah.com : Pusat Kulakan Baju Bayi
www.ebajumuslim.com : Grosir Baju Muslimah Murah
www.wafanakids.com : Grosir Baju Muslim Anak
www.grosirkoko.com : Grosir Baju Takwa Bandung
www.jihadiclothing.com : Kaos Distro Muslim
www.sekolahsablon.com : Spesialis Kursus Sablon Kaos
=======================================

0 komentar: