Monday, April 18, 2011

Catatan Jalan-Jalan ke Singapore

Terus terang baru pertama kali saya datang ke Singapore. Malah Mekah-Medinan, Jepang, Hongkong, Taiwan, Malaysia pernah saya singgahi lebih dahulu. Tapi alhamdulillah, kesampaian juga saya singgah di Singapura.
 
Naik Airasia langsung turun di Changi-Singapore. Lantas mencari penginapan di daerah Geylang, naik Monorail dan MRT. Negara tetangga kita ini memang cukup maju mulai dari perniagaan sampai infrastruktur. Maklum, karena letaknya yang strategis di selat Malaka sehingga jadi tempat singgah transportasi laut dan udara.
 
Saya sempat keliling Singapura, khususnya didalam kotanya sampai ke daerah urbannya. Cukup mudah, untuk keliling antara kota bisa pakai MRT semacam kereta api bawah tanah. Sedang untuk kelililing kota bisa naik bus City Tour.
 
Untuk area wisata, bisa ke pulau Sentosa, cukup banyak wisata di pulau kecil ini. Dengan sekali masuk, bisa banyak hiburan dan rekreasi yang bisa kita lakukan disana.
 
Ada beberapa catatan saya selama perjalanan 3 hari di Singapore.
1. Penduduk Singapore sudah sangat identik dengan perniagaan, hampir semua orang berniaga disana, siang dan malam. Paling mudah melihatnya adalah dengan begitu banyaknya mobil bak lalu lalang bawa barang. so, dari apa yang saya lihat, perniagaan adalah mata pencaharian utama dari tetangga kita ini.
 
2. Masyarakatnya taat aturan, saya lihat pemda setempat berhasil melakukan conditioning sehingga penduduk disana taat pada aturan yang memang dibikin banyak aturan.
 
3. Pemerintahnya sangat concern dengan pembangunan infrastruktur, kayaknya beda banget deh sama di negeri kita, pejabat mah minta dilayani, kurang melayani rakyat. he he he
 
4. Mengingat sumber daya alam Singapore sangat minim, maka sektor wisata, jasa dan perniagaan digenjot habis dengan memberikan keleluasaan asing berpartisipasi dalam perniagaan Singapore. Hasilnya, banyak sekali perusahaan asing yang bikin kantor cabang di Singapore sebagai perpanjangan tangan overseas.
 
5. Bahasa Inggris menjadi bahasa sehari-hari, kayaknya ini yang bikin negeri ini bisa bergaul secara internasional dengan masyarakat Barat.
 
Kayaknya ini dulu sharing saya, yang jelas setiap negeri memiliki ke kekhasan tersendiri yang jika kita ekplorasi bisa menjadi pelajaran berharga buat diri dan bangsa ini.
 
 
 
Amir Fauzi
Owner
Fatta Niaga

0 komentar: