Monday, February 03, 2014

Pergeseran B2B Menuju B2C

Distribusi barang merupakan tantangan tersendiri, apalagi dengan kondisi Indonesia yang banyak pulau. Pada awalnya, distribusi konvensional berjenjang, mulai dari pembuat atau produsen. Dari produsen diteruskan ke Distributor besar. Berikutnya kea gen-agen yang lebih kecil yang tersebar di berbagai wilayah.

Gambaran tersebut merupakan gambaran distribusi konvensional. Namun seiring dengan perkembangan internet, smartphone dan social media ditambah dengan naiknya pengguna internet secara signifikan maka pola konvensional tersebut secara berlahan terus mengalami gradasi.

Distribusi konvensional secara perlahan tergeser oleh perkembangan teknologi. Lazimnya bisnis lama mengandalkan apa yang disebut B2B atau Business to Business. Dari bisnisman yang satu ke bisnisman yang lain.

Namun kini berkembang sangat cepat ke arah B2C atau Business to Customer. Saat ini, produsen tidak perlu lagi susah payah harus mengikuti pola konvensional. Produsen langsung dapat mendistribusikan produk secara online langsung kepada customer.

Contoh-contoh dalam dunia B2C sangat banyak, semisal Amazon, Ebay, Alibaba dan sejenisnya.
Berminat anda bermain di B2C..

Saya akan memulainya setelah lama berkutat B2B.


Amir Fauzi
Founder
www.distroacademy.com | Sekolahnya Pengusaha Kaos Distro
www.gesut.com | Tempatnya Bikin Kaos Keren

0 komentar: